Pemkab Pekalongan Inisiasi Kerjasama dengan Arizona State University



Dalam rangka menurunkan Angka Tidak Sekolah (ATS) melalui Program KUDU Sekolah, Pemkab Pekalongan melalui Bappeda Litbang menginisiasi kerjasama Program 100 Juta Pembelajar (100 Million Learners) Thunderbird - Arizona State University.   

Program ini merupakan inisiatif pendidikan global yang menawarkan sertifikat manajemen dan kewirausahaan global online yang terakreditasi yang terdiri dari 5 kursus kelas dunia dalam 40 bahasa berbeda untuk pembelajar di seluruh dunia salah satunya Indonesia. Wanita dan remaja putri ditargetkan mengisi 70% dari 100 juta pembelajar yang akan dijangkau oleh program ini. Selama pelaksanaan kursus, pembelajar tidak menanggung biaya sepeserpun karena program 100 milion learners merupakan beasiswa yang didukung filantropi (Francis dan Dionne Najafi) yang mendasari Inisiatif Global ini.

Program yang ditawarkan kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan adalah Program Inisiatif Global 100 Juta Pembelajar Francis dan  Dionne Najafi dari Arizona State University yang mencakup 5 sub program, yaitu:

a.       Kepemimpinan Global dalam Revolusi Industri Keempat;

b.       Layanan Pelanggan dan Pemasaran Digital di Dunia Global;

c.       Kewirausahaan Global dan Bisnis Berkelanjutan;

d.       Analisis Data dan Transformasi Digital di Dunia Global; dan

e.       Akuntansi Keuangan Global.

Sasaran program berasal dari Anak Tidak Sekolah, mahasiswa Perguruan Tinggi, dan pelaku UMKM. Oleh karena itu, program ini sejalan dengan program penuntasan Angka Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Pekalongan yang pada tahun 2023 ini masih berada di angka 4.850. Melalui program KUDU Sekolah, dilakukan intervensi penanganan ATS agar kembali sekolah yang sampai dengan tahun 2023 telah berhasil mengambalikan 2.069 Anak Tidak Sekolah.